Minggu, 27 November 2016

RPP BAHASA ARAB MENGHITUNG

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

IDENTITAS SEKOLAH                   : SMA NEGRI 1 DEWANTARA
MATAP PELAJARAN                      : BAHASA ARAB
MAHARAH                                       : BERHITUNG
KELAS                                               : XI (Sebelas)
SEMESTER                                       : I
TAHUN AJARAN                             : 2015-2016
ALOKASI WAKTU                          : 1x45 Menit

1.      STANDAR KOMPETENSI
3.menghitung
    Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang
نتعلم الحساب   

2.      KOMPETENSI DASAR
1)   Mengidentifikasi bunyi angka dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang  نتعلم الحساب   
2)   Menemukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang نتعلم الحساب   



3.      INDIKATOR
1)      Melafadhkan kata, frasa,kalimat tentang angka dengan lafadh yang saheh dan benar.
2)      Munggunak angka dalam kalimat dengan tepat.
3)      Menjawab pertanyaan atau latihan.
4)      Menghitung angka dengan tepat.

4.      TUJUAN
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat.
1)      Berhitung dengan menyesuaikan bahasa Arab yang baik.
2)      Memperaktikan muhadasah dengan tema berhitung dalam kehidupan sehari-hari.
3)      Menyebutkan angka 1 samp[ai 100 dengan benar.
5.      MATERI
نتعلم الحساب
الرقم
للمذكر
الرقم
للمذكر
الرقم
للمذكر
٧٢
اثْنَانِيْ وَ سَبْعُوْنَ
٣٠
ثَلَاثُوْنَ
١
وَاحِدٌ
٧٣
ثَلَاثَةَ وَ سَبْعُوْنَ
٣١
وَاحِد وَ ثَلَاثُوْنَ
٢
اثْنَانِيْ
٨٠
ثَمَانُوْنَ
٣٢
اثْنَانِيْ وَثَلَاثُوْنَ
٣
ثَلَاثَةُ
٨١
وَاحِد وَ ثَمَانُوْنَ
٣٣
ثَلَاثَةَ وَ ثَلَاثُوْنَ
٤
أَرْبَعَةُ
٨٢
اثْنَانِيْ وَ ثَمَانُوْنَ
٤٠
أَرْبَعُوْنَ
٥
خَمْسَةُ
٨٣
ثَلَاثَةَ وَ ثَمَانُوْنَ
٤١
وَاحِدٌ وَ أَرْبَعُوْنَ
٦
سِتَّةُ
٩٠
تِسْعُوْنَ
٤٢
اثْنَانِيْ وَ أَرْبَعُوْنَ
٧
سَبْعَةُ
٩١
وَاحِد وَ تِسْعُوْنَ
٥٠
خَمْسُوْن
٨
ثَمَانِيَةُ
٩٢
اثْنَانِيْ وَ تِسْعُوْنَ
٥١
وَاحِد وَ خَمْسُوْنَ
٩
تِسْعَةُ
٩٣
ثَلَاثَةَ وَ تِسْعُوْنَ
٥٢
اثْنَانِيْ وَ خَمْسُوْنَ
١٠
عشرة
٩٤
أَرْبَعَةَ وَ تِسْعُوْنَ
٥٣
ثَلَاثَةَ وَ خَمْسُوْنَ
١١
أحد عشر
٩٥
خَمْسَةَ وَ تِسْعُوْنَ
٦٠
سِتَّوْنَ
١٢
إثنا عَشَرَ
٩٦
سِتَّةَ وَ تِسْعُوْنَ
٦١
وَاحِد وَ سِتَّوْنَ
٢٠
عشرون
٩٧
سَبْعَةَ وَ تِسْعُوْنَ
٦٢
اثْنَانِيْ وَ سِتَّوْنَ
٢١
وَاحِد وَعِشْرُوْنَ
٩٨
ثَمَانِيَةَ وَ تِسْعُوْنَ
٧٠
سَبْعُوْنَ
٢٢
اثْنَانِيْ وَعِشْرُوْنَ
١٠٠
مِائَة
٧١
وَاحِد وَ سَبْعُوْنَ
٢٣
ثَلَاثَةَ وَعِشْرُوْنَ

6.      METODE
1)      Tanya jawab.
2)      Menyusun anka dalam kalimat.

7.      SKENARIO PEMBELAJARAN
Langkah-langkah pembelajaran
a)      Kegiatan awal
1)      Guru memberi salam dan membaca doa.
2)      Guru bertanya-jawab tentang angka.
3)      Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran (indikator).
4)      Guru menyiapkan beberapa angka dalam Bahasa Arab.
b)      Kegiatan inti
1)      Murid memperhatikan materi tentang نتعلم الحساب yang diperdengarkan.
2)    Mengulangi angka-angka yang diperdengarkan dengan intonasi dan makhraj yang baik dan benar.
3)      Guru menyuruh siswa mencatat catatan.
4)      Siswa mengafal angka dari 1-100.
5)      Guru menyuruh siwa untuk muhadasah dalam tema نتعلم الحساب.
c)      Kegiatan akhir
1)      Guru menilai muhadasah siswa yg bertema نتعلم الحساب.
2)      Guru membuat refleksi terhadap materi yang baru diselesaikan.

8.      SUMBER BELAJAR
1)      Buku paket. (Ayo memahami Bahasa Arab. A. Syaekhuddin dan Hasan saifullah).
2)      Kamus Indonesia Arab.
3)      Kamus arab indonesia.
9.      PENILAIAN
Teknik tes lisan
NO
NAMA
PENILAIAN
SKOR
FASIH
INTONASI
KELANCARAN
1





2





3





4





5







Tidak ada komentar:

Posting Komentar