RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
IDENTITAS SEKOLAH :
SMA NEGRI 1 DEWANTARA
MATAP PELAJARAN :
BAHASA ARAB
MAHARAH :
ISTIMA’
KELAS :
XI (Sebelas)
SEMESTER :
I
TAHUN AJARAN :
2015-2016
ALOKASI WAKTU :
1x45 Menit
1.
STANDAR KOMPETENSI
3.Mendengar
1)
Mendengar wacana tertulis
dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang
الذهب الي المدرسة
الذهب الي المدرسة
2.
KOMPETENSI DASAR
2)
Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat )tentanللذهب
الي المدرسة
3)
Mendengarkan
dari wacana lisan sederhana tentang الذهب الي المدرسة
3.
INDIKATOR
1)
menuliskan, frasa,kalimat tentang الذهب
الي المدرسة dengan saheh dan benar.
2)
Munggunakan mufradat dalam kalimat dengan tepat.
3)
Menjawab pertanyaan atau latihan.
4)
Menyusun kata dengan tepat.
4.
TUJUAN
Setelah selesai
melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat.
1)
Berkomunikasi dengan menyesuaikan bahasa Arab yang baik tentang الذهب
الي المدرسة.
2)
Menulis kalimat-kalimat tentang الذهب
الي المدرسة.
3)
Menulis setiap kalimat bahasa arab dengan lancar dan benar.
5.
MATERI
الذهب
الي المدرسة
قاسم طالب مجد.
هو طالب المدراسة المتوسطة الاسلامية.
أخته إسمها رافعة.
هي أيضا طالب المدراسة المتوسطة الاسلامية.
يخرج قاسم و أخته من البيت في الساعة السادسة.
هو يصافح و يسلم علي الوالديه قبل الذهاب إلي المدرسة.
رافعة ايضا تصافه وتسلم علي الوالديه قبل الذهاب.
6.
METODE
1)
Tanya jawab.
2)
Ceramah.
3)
Istima’.
7.
SKENARIO PEMBELAJARAN
Langkah-langkah pembelajaran
a)
Kegiatan awal
1)
Guru memberi salam dan membaca doa.
2)
Guru bertanya-jawab tentang أفعال
اليومية.
3)
Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran (indikator).
4)
Guru menyiapkan beberapa tema tentang أفعال
اليومية.
b)
Kegiatan inti
1)
Murid memperhatikan materi
tentang أفعال اليومية yang
diperdengarkan.
2) Mengulangi
ungkapan-ungkapan kalimat yang diperdengarkan
dengan intonasi dan makhraj yang baik dan benar.
3)
Guru menyuruh siswa menulis setiap
kalimat yang telah di bacakan.
4)
Guru menyuruh siswa untuk maju kedepan untuk menuliskan kalimat
yang benar di papan tulis.
5)
Guru menyuruh siswa mengumpulkan apa yang telah mereka dengar dan
tulis.
c)
Kegiatan akhir
1)
Guru menilai tulisan siswa yang telah di dengar .
2)
Guru membuat refleksi terhadap materi yang baru diselesaikan.
8.
SUMBER BELAJAR
1)
Buku paket. (Ayo memahami Bahasa Arab. A. Syaekhuddin dan Hasan
saifullah).
2)
Kamus Indonesia Arab.
3)
Kamus arab indonesia.
9.
PENILAIAN
Teknik tes lisan
NO
|
NAMA
|
PENILAIAN
|
SKOR
|
|
KEFASIHAN
|
KITABAH
|
|||
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar