Minggu, 27 November 2016

RPP BAHASA ARAB Isima'

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

IDENTITAS SEKOLAH                   : SMA NEGRI 1 DEWANTARA
MATAP PELAJARAN                      : BAHASA ARAB
MAHARAH                                       : ISTIMA’
KELAS                                               : XI (Sebelas)
SEMESTER                                       : I
TAHUN AJARAN                             : 2015-2016
ALOKASI WAKTU                          : 1x45 Menit


1.      STANDAR KOMPETENSI
3.Mendengar
1)       Mendengar wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang
الذهب الي المدرسة     
   
2.      KOMPETENSI DASAR
2)   Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat )tentanللذهب الي المدرسة     
3)   Mendengarkan dari wacana lisan sederhana tentang الذهب الي المدرسة

3.      INDIKATOR
1)      menuliskan, frasa,kalimat tentang الذهب الي المدرسة  dengan saheh dan benar.
2)      Munggunakan mufradat dalam kalimat dengan tepat.
3)      Menjawab pertanyaan atau latihan.
4)      Menyusun kata dengan tepat.

4.      TUJUAN
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat.
1)      Berkomunikasi dengan menyesuaikan bahasa Arab yang baik tentang الذهب الي المدرسة.
2)      Menulis kalimat-kalimat tentang الذهب الي المدرسة.
3)      Menulis setiap kalimat bahasa arab dengan lancar dan benar.

5.      MATERI
الذهب الي المدرسة

قاسم طالب مجد.
هو طالب المدراسة المتوسطة الاسلامية.
أخته إسمها رافعة.
هي أيضا طالب المدراسة المتوسطة الاسلامية.
يخرج قاسم و أخته من البيت في الساعة السادسة.
هو يصافح و يسلم علي الوالديه قبل الذهاب إلي المدرسة.
رافعة ايضا تصافه وتسلم علي الوالديه قبل الذهاب.


6.      METODE
1)      Tanya jawab.
2)      Ceramah.
3)      Istima’.



7.      SKENARIO PEMBELAJARAN
Langkah-langkah pembelajaran
a)      Kegiatan awal
1)      Guru memberi salam dan membaca doa.
2)      Guru bertanya-jawab tentang أفعال اليومية.
3)      Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran (indikator).
4)      Guru menyiapkan beberapa tema tentang أفعال اليومية.


b)      Kegiatan inti
1)      Murid memperhatikan materi tentang أفعال اليومية  yang diperdengarkan.
2)  Mengulangi ungkapan-ungkapan  kalimat yang diperdengarkan dengan intonasi dan makhraj yang baik dan benar.
3)      Guru menyuruh siswa menulis setiap kalimat yang telah di bacakan.
4)      Guru menyuruh siswa untuk maju kedepan untuk menuliskan kalimat yang benar di papan tulis.
5)      Guru menyuruh siswa mengumpulkan apa yang telah mereka dengar dan tulis.

c)      Kegiatan akhir
1)      Guru menilai tulisan siswa yang telah di dengar .
2)      Guru membuat refleksi terhadap materi yang baru diselesaikan.

8.      SUMBER BELAJAR
1)      Buku paket. (Ayo memahami Bahasa Arab. A. Syaekhuddin dan Hasan saifullah).
2)      Kamus Indonesia Arab.
3)      Kamus arab indonesia.


9.      PENILAIAN
Teknik tes lisan

NO
NAMA
PENILAIAN
SKOR
KEFASIHAN
KITABAH
1




2




3




4




5






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar